Organ Reproduksi Seksual pada Pria dan Wanita

Organ Reproduksi Seksual pada Pria dan Wanita - Hallo sahabat |, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Organ Reproduksi Seksual pada Pria dan Wanita, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Organ Reproduksi Seksual pada Pria dan Wanita
link : Organ Reproduksi Seksual pada Pria dan Wanita

Baca juga


Organ Reproduksi Seksual pada Pria dan Wanita

Pada dasarnya, reproduksi itu bertujuan melestarikan spesies supaya tak terjadi kepunahan. Sistem reproduksi pada manusia melibatkan induk jantan dan juga induk betina. Masing-masing induk dalam sistem reproduksi manusia pun memiliki organ reproduksi.

Dilihat dari cara perkembangbiakannya, manusia itu digolongkan ke dalam vivipar dengan fertilisasi internal. Sementara itu, berdasarkan jenis kelaminnya, manusia itu terdiri atas pria dan wanita yang masing-masing tentu memiliki organ reproduksi berbeda.

1. Reproduksi Pria

Reproduksi pria memiliki dua fungsi reproduksi, yakni reproduksi sel kelamin dan satu lagi pelepasan sel-sel menuju saluran sel kelamin wanita. Selain itu, oragan reproduksi pada pria terdiri atas beberapa bagian utama seperti testis, vas defferens, kantong sperma, serta penis.

- Testis. Testis ini sepasang dan bentuknya bulat. Testis berada atau tersimpan di dalam sebuah kantong yang disebut dengan kantong buah zakar atau skrotum. Sementara itu, fungsinya adalah sebagai tempat pembentukan hormon kelamin (testosteron) dan sel sperma.

- Vas defferens. Vas defferens adalah sebuah saluran yang berjumlah sepasang sebagai penghubung antara testis dan kantong sperma. Bagian ujung dari vas defferens ini terletak di dalam kelenjar prostat. Kantong sperma. Kantong sperma ini jumlahnya juga sepasang dan fungsinya adalah untuk menampung sperma sebelum dikeluarkan dari tubuh pria melalui penis.

- Penis. Penis adalah alat kelamin pria dan merupakan organ eksternal sebab berada di luar ruang tubuh. Di dalam penis ini ada utera yang fungsinya sebagai saluran sperma dan saluran urin.

2. Reproduksi Wanita

Mungkin sebagian di antara wanita ada yang belum tahu apa saja bagian-bagian di dalam organ reproduksinya. Di sini akan dijelaskan secara umum tentang organ reprosuksi wanita. Organ reproduksi pada wanita terdiri atas ovarium (indung telur), ovidok atau tuba fallopi (saluran telur), dan vagina.

a. Ovarium
Ovarium adalah organ reproduksi wanita yang berjumlah sepasang dan berfungsi untuk menghasilkan sel telur (ovum). Selain menghasilkan ovum atau sel telur, ovarium pun berfungsi untuk menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Organ reproduksi wanita ini berada di rongga perut, yaitu di daerah pinggang kiri dan kanan. Ovarium ini diselubungi oleh kapsul pelindung serta mengandung beberapa folikel (masing- masing folikel mengandung satu sel telur).

Folikel adalah sebuah struktur berupa bulatan- bulatan mengelilingi oosit yang fungsinya menyediakan makanan sekaligus juga melindungi perkembangan sel telur. Sel telur yang sudah matang selanjutnya akan lepas dari ovarium dan peristiwa ini disebut dengan ovulasi.

b. Oviduk

Oviduk adalah organ reproduksi wanita yang fungsinya menggerakkan ovum menuju arah rahim dengan gerakan peristaltik. Oviduk pun berjumlah sepasang dan bagian ujungnya berbentuk seperti corong berjumbai-jumbai (fimbrae).

Fimbrae ini fungsinya adalah untuk menangkap ovum yang dilepaskan ovarium. Nah, pembuatan sel telur oleh sperma berlangsung di oviduk dan ovum yang sudah dibuahi akan bergerak ke rahim (uterus). Rahim adalah tempat tumbuh dan berkembangnya embiro sampai dilahirkan. Rahim pada manusia itu bertipe simpleks, yaitu hanya memiliki sebuah ruangan. Wanita yang belum pernah melahirkan, ukuran rahimnya biasanya memiliki panjang 7cm dan lebar 4cm.

Rahim memiliki beberapa bagian, yaitu bagian bawah yang mengecil disebut serviks uteri dan bagian yang besar disebut badan rahim (corpus uteri). Sementara itu, dinding rahim terdiri atas beberapa lapisan, yakni perimetrium, moimetrium, dan endometrium.

Endometrium adalah lapisan dalam rahim yang menghasilkan banyak lendir dan mengandung banyak juga pembuluh darah. Lapisan ini lah yang akan mengalami penebalan dan akan mengelupas tiap bulan bila tak ada zigot yang menempel, yaitu ketika berlangsungnya menstruasi.

c. Vagina
Vagina adalah organ reproduksi wanita yang disebut sebagai organ persetubuhan dan lubang untuk melahirkan bayi. Organ ini memiliki banyak lipatan sehingga ketika melahirkan bisa jadi mengembang. Di dalam vagina ini terdapat lendir yang dihasilkan dari dinding vagina dan sebuah kelenjar bernama bartholini.


Demikianlah Artikel Organ Reproduksi Seksual pada Pria dan Wanita

Sekianlah artikel Organ Reproduksi Seksual pada Pria dan Wanita kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Organ Reproduksi Seksual pada Pria dan Wanita dengan alamat link http://blogupdate-ok.blogspot.com/2013/09/organ-reproduksi-seksual-pada-pria-dan.html