Asam Kawak dan Manfaatnya

Asam Kawak dan Manfaatnya - Hallo sahabat |, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Asam Kawak dan Manfaatnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Asam Kawak dan Manfaatnya
link : Asam Kawak dan Manfaatnya

Baca juga


Asam Kawak dan Manfaatnya

Kandungan Asam Kawak

Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari asam jawa, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu apa saja kandungan dari salah satu bumbu dapur ini. Asam kawak mengandung zat besi serta kandungan vitamin C yang baik bagi tubuh. Selain itu, asam ini juga mengandung vitamin B seperti niacin dan thiamin serta sumber potassium dan magnesium yang baik.

Asam ini juga mengandung fenol yang merupakan antioksidan alami. Fenol ini biasanya terkandung dalam buah-buahan dan baik sekali untuk kesehatan jantung. Fenol ini dapat menjaga kesehatan dinding arteri serta melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Kadar fenol dalam asam ini paling terkonsentrasi jika dipanaskan hingga mendidih.

Manfaat Asam Dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, maka tak heran jika asam jawa atau tamarind ini banyak dikonsumsi dan diambil manfaatnya. Asam jawa atau asam kawak yang memiliki rasa asam dan manis ini sering digunakan sebagai bumbu makanan dan minuman. Lalu manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi asam jawa ini? Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari asam ini.

Dalam bidang kesehatan, asam jawa bisa dimanfaatkan untuk mengobati atau mengatasi berbagai penyakit. Berikut beberapa penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan asam jawa beserta caranya meramunya.

- Mengobati bisul. Untuk mengobati bisul, ambil asam jawa sebanyak 5 gr, daun bayam duri, kangkung sebanyak 10 g, dan sedikit garam. Caranya, tumbuk daun bayam dan kangkung hingga halus, campur dengan asam dan beri sedikit garam. Tempelkan ramuan ini pada bisul, hingga seluruh permukaan bisul tertutup. Jika sudah kering, ganti dengan ramuan baru. Lambat laun, bisul akan menjadi matang dan pecah.

- Mengobati sariawan. Untuk mengobati sariawan, ambil 1 gelas daun asam yang masih muda, lalu cuci bersih; ambil 5 cm kunyit, iris tipis. Rebus kedua bahan tersebut dengan 4 gelas air higga tersisa setengahnya. Tambahkan gula aren agar rasanya labih enak. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari hingga sembuh.

- Mengobati nyeri haid. Untuk mengobati nyeri haid, ada dua cara. Yang pertama ambil asam jawa sekitar setengah ibu jari, temulawak 10 potong, dan gula aren. Rebus ketiga bahan tadi dengan air satu gelas hingga tersisa setengahnya. Minum ramuan in setiap pagi selama satu minggu sebelum haid. Yang kedua, ambil 1 genggam daun asam yang muda, campur dengan kunyit sebanyak 2 jari dan setengah gelas air masak, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan lagi air secukupnya pada ramuan tadi, lalu saring dan minum.

- Mencegah kolesterol tinggi. Ambil 150-200 gr daun asam jawa, lalu haluskan. Tambahkan air panas matang sebanyak 220 ml. Saring, lalu minun hingga habis. Minum ramuan ini tiga kali sehari.

- Mengatasi demam pada bayi. Ambil asam jawa dan kunyit sebanyak 1 ibu jari, daun melati muda 5 lembar, dan daun bawang sebanyak 2 tangkai. Cuci semua bahan hingga bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan ramuan ini di ubun-ubun bayi Anda.

- Mengatasi demam pra-nifas. Caranya, ambil asam kawak sebanyak satu jari dan gula aren secukupnya. Seduh kedua bahan tersebut dengan air panas. Minum ramuan ini selagi hangat 2 kali sehari. Lakukan selama beberapa hari. Mengobati ambeien. Ambil 1 gr asam jawa, daun keji beling sebanyak 6 gr, meniran sebanyak 6 gr, dan temulawak 3 gr. Cuci bersih semua bahan, lalu rebus dengan air 1 liter hingga tersisa 500 ml saja. Minum setelah dingin 3 kali sehari.

- Mengatasi darah rendah. Caranya, ambil 5 gr asam jawa, 250 gr bayam, 10 gr gula aren, 50 gr bawang merah, 15 gr cabai, dan 7 gr garam dapur. Rebus bayam hingga matang, tapi jangan terlalu matang. Tumbuk bahan lain menjadi satu seperti sambal. Bunakan bayam dan sambal ini sebagai lalapan. Sebaiknya ganti nasi putih dengan nasi merah.

- Mengobati difteri. Caranya, ambil 5 gr asam jawa, 5 gr bawang merah, 5 gr kencur, 5 gr lobak, dan 10 gr daun pepaya. Tumbuk bawang merah, kencur, lobak, dan daun papaya hingga halus. Beri air, lalu saring. Tambahkan asam jawa lalu seduh dengan air panas. Aduk ramuan tersebut hingga merata. Gunakan sebagai obat kumur saat masih hangat. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

- Mengobati disentri. Caranya, ambil 5 gr asam jawa, 10 gr temulawak, 10 gr kunyit, dan 1 sdm madu murni. Tumbuk asam, kunyit, serta temulawak hingga halus. Beri air panas sebanyak 1 gelas, lalu saring. Tambahkan madu ke dalam ramuan tadi, aduk rata, lalu minum sekaligus setiap pagi. Mengobati eksim. Caranya, ambil segenggam asam jawa, 1 buah umbi temulawak, dan gula aren secukupnya. Tumbuk umbi temulawak hingga halus, lalu campurkan dengan gula aren dan asam jawa. Rebus campuran tersebut dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minum satu kali sehari, lakukan 2 hari berturut- turut.


Demikianlah Artikel Asam Kawak dan Manfaatnya

Sekianlah artikel Asam Kawak dan Manfaatnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Asam Kawak dan Manfaatnya dengan alamat link http://blogupdate-ok.blogspot.com/2013/09/asam-kawak-dan-manfaatnya.html