Efek Samping Sering Makan Gorengan

Efek Samping Sering Makan Gorengan - Hallo sahabat |, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Efek Samping Sering Makan Gorengan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Efek Samping Sering Makan Gorengan
link : Efek Samping Sering Makan Gorengan

Baca juga


Efek Samping Sering Makan Gorengan

Konsumsi gorengan yang lazim dijual di tepi jalur serta di banyak area di tanah air benar-benar sangat berisiko. Makanan gorengan biasanya dimasak dengan minyak goreng hasil pengulangan didalam suhu tinggi serta periode waktu lama. Makanan type inilah yang sebenarnya berikan kontribusi tertinggi pada konsumsi asam lemak trans. Asam lemak type ini jadi di antara penyebab meningkatnya penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah, di antaranya yaitu penyakit jantung koroner.

Rangkuman tersebut adalah hasil riset Ratu Ayu Dewi Sartika, mahasiswa program doktor di fakultas kesehatan penduduk ( fkm ) ui, depok. Hasil penelitian Ratu Ayu Dewi Sartika dalam disertasi berjudul pengaruh konsumsi asam lemak trans pada profil lipid darah.
Menurut Ayu, problem gizi di indonesia tunjukkan ada transisi epidemiologis.
Maksudnya, penyakit-penykit pembunuh dulu cuma didominasi oleh penyakit infeksi. Saat ini, penyakit mematikan tersebut semakin meningkat oleh penyumbatan pembuluh darah yang disebut ciri penyakit modern.

"Pemicunya diantaranya dikarenakan pola hidup beberapa bagian penduduk yang cenderung lebih sedentary life style ( pola hidup enjoy yang tidak banyak melibatkan gerakan fisik-red )", ungkap
Ayu.

Tingginya konsumsi lemak sebesar 80 persen sampai 90% datang dari minyak goreng. Penelitian pada mulanya tunjukkan, ungkap
Ayu, kontribusi paling tinggi konsumsi lemak keseluruhan dan asam lemak jemu datang dari makanan gorengan. Sebagian makanan gorengan yang memiliki kandungan asam lemak trans diantaranya pisang goreng, ubi goreng, kroket, tempe goreng, singkong goreng, serta ayam goreng tepung. Walau sebenarnya, type bahan makanan ini pada prinsipnya tidak memiliki kandungan asam lemak trans, tuturnya. Dikarenakan itu, lanjut Ayu, perihal ini menarik untuk
di teliti. Dikarenakan, kemungkinan berlangsungnya asal lemak trans pada makanan tersebut datang dari minyak goreng hasil pengulangan atau pemanasan dengan langkah deep frying.

Saat ini, asam lemak trans yang disebut salah satu type asam lemak tak hanya asam lemak jenuh ini, semakin jadi sorotan. maklum saja, asam lemak trans ini bisa menambah kolesterol ldl ( k-ldl ) dengan kata lain kolesterol jahat, rasio kolesterol total ( k-hdl ), rasio k-ldl serta h-ldl, serta turunkan kolesterol baik hdl ( k-hdl ). Asam lemak trans ini dengan alami ada pada ruminansia yakni hewan yang memamah biak layaknya sapi, kerbau, kambing, dan sebagainya. Selain itu, asam lemak jahat ini juga datang dari hasil sistem menggoreng deep frying dan margarin atau product makanan lantas yang menggunakan minyak terhidrogenasi.

Di indonesia, ungkap Ayu, data mengenai kadar asam lemak trans didalam makanan dan rerata konsumsi lemak trans belum dulu diteliti pada mulanya. Walau sebenarnya, mengonsumsi makanan gorengan di penduduk indonesia cukup tinggi. Dikarenakan itu, Ayu lakukan penelitian dengan mengambil sampel 388 orang di perusahaan migas kalimantan timur. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kontribusi paling tinggi konsumsi asam lemak trans total
yaitu makanan gorengan. Disamping itu, asupan asam lemak trans berkorelasi positif dengan asam lemak jemu. Tiap-tiap menambahkan konsumsi asam lemak jemu dapat menaikkan konsumsi asam lemak trans sebesar 0,03 daya keseluruhan.

Asam lemak trans mempunyai ikatan rangkap yang ada didalam minyak atau lemak cair. Asupan lemak trans yang tinggi diatas 6% dari daya keseluruhan dengan terus-terusan dapat berakibat jelek pada banyak perihal. Menurut kepala instalasi
gizi tempat RS Hasan Sadikin Bandung, Miranti Gutawa, pengaruh negatif asam lemak trans lebih besar dari asam lemak jemu serta kolesterol. Mengonsumsi asam lemak trans dapat menaikkan kandungan kolesterol jahat serta dapat turunkan kadar kolesterol baik. Asam lemak trans mempunyai dampak negatif 2 x lipat di banding asam lemak jemu. Menurut institute of food science and technology pada 2004, tiap-tiap peningkatan 1% asam lemak trans bisa meningkatkan kandungan ldl sebesar 0,04 mmol per liter dan turunkan kandungan hdl sejumlah 0,013 mmol per liter.

Asam lemak trans juga dapat mengakibatkan bayi lahir prematur. Pasalnya, mengonsumsi asam lemak trans pada ibu hamil bisa mengganggu asupan asam lemak esensial yang amat diperlukan oleh calon bayi. Sesuatu studi tunjukkan, wanita di negara yang konsumsi asam lemak trans tinggi dapat membuahkan asi dengan kandungan asam lemak trans sebesar 2% sampai 5% dari keseluruhan asam lemak susu. European community multicenter study on antioksidant myocardial infraction and breast cancer ( euramic) mendapatkan hubungan positif antara mengonsumsi asam lemak trans dengan kanker payudara pada wanita yang sudah mengalami menopause.


Demikianlah Artikel Efek Samping Sering Makan Gorengan

Sekianlah artikel Efek Samping Sering Makan Gorengan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Efek Samping Sering Makan Gorengan dengan alamat link http://blogupdate-ok.blogspot.com/2013/03/efek-samping-sering-makan-gorengan.html